Penggantian popok
- Mustela Bébé

Toggle view

PRODUK MUSTELA

Toggle view

Saran

 

Popok bayi perlu untuk diganti 7 – 8 kali dalam sehari. Anak kecil memiliki bokong yang sangat lembut yang mudah iritasi karena efek lembab yang disebabkan urin dan tinja, atau gesekan dan popok. Akibatnya diperlukan perawatan khusus setiap kali Anda mengganti popok. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kulit bokong bayi Anda yang rentan! 

 

Siapkan semua yang Anda butuhkan di meja seperti popok, kapas, produk pembersih, krim popok, dll.

 

Segera ganti popok basah atau setiap buang air besar, juga setelah makan. Bayi yang baru lahir perlu berganti popok lebih sering, karena mereka buang air kecil dan menghasilkan tinja lebih sering dari pada bayi yang lebih besar. 

 

Pilih popok yang sesuai untuk ukuran anak. Jika popok terlalu kecil, dapat membuat gesekan yang melukai dan tidak memberikan perlindungan yang memadai dari kebocoran.

 

• Saat akan mengganti popok, letakkan bayi Anda di handuk yang bersih. Buka popoknya, kemudian bersihkan bokong bayi dengan bagian depan popok. Lipat lalu buang popok.

 

• Bersihkan bokong bayi dengan cairan pembersih tanpa bilas, lotion pembersih atau pembersih popok yang tebal. Jika Anda suka, dapat menggunakan gel pembersih atau sabun emolien, dan bilas dengan air.

 

Bersihkan dari atas ke bawah, dari bagian yang paling bersih ke bagian yang paling kotor, dengan begitu tidak membuat kotoran tersebar kemana-mana. Untuk bayi perempuan, bersihkan vulva (lipatan luar bibir dan kemudian ke tengah) menuju bokong. Untuk bayi laki-laki, bersihkan penis, skrotum dan daerah sekitarnya baru kemudian bokong.

 

• Keringkan lipatan kulit dengan seksama untuk mencegah maserasi, atau jika memungkinkan biarkan udara mengeringkannya.

 

• Buka popok bersih lalu letakkan bayi tepat di tengah popok, sejajar dengan pusar. Jika bayi laki-laki, pastikan posisi penisnya berada di bawah sebelum menutup popok untuk mencegah kebocoran.

 

• Jangan tunggu hingga bokong bayi mengalami kemerahan sebelum Anda sempat merawatnya. Untuk itu, gunakan krim popok atau bedak yang mengandung zinc oxide untuk pencegahan setiap kali mengganti popok.

 

• Jika terjadi ruam popok, biarkan bagian yang terkena ruam terkena udara sesering mungkin dan gunakan produk perawatan kulit yang cocok.

 

• Dan jangan tinggalkan meja ganti selama Anda mengganti popok, karena bayi Anda bisa saja terjatuh.