KULIT BAYI ANDA

Struktur kulit

Berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk tubuh, kulit kita terdiri dari tiga lapisan utama yaitu epidermis, dermis dan hipodermis. 
Epidermis adalah lapisan paling atas dari kulit. Terdiri dari beberapa lapisan sel yang disebut sebagai keratinosit. Sel-sel ini memulai kehidupan di bagian paling bawah dari epidermis dan kemudian secara bertahap naik ke lapisan paling atas dari kulit. Begitu sel ini berada  di permukaan, mereka kehilangan inti selnya, bisa diisi dengan keratin dan membentuk apa yang dikenal sebagai "lapisan kornea". Ini merupakan perisai yang sedikit berpori yang terdiri dari keratinosit yang rusak (corneocytes) dihubungkan oleh lipid dan protein kompleks. Lapisan kornea berfungsi sebagai penghalang, melindungi tubuh kita terhadap serangan luar.
 
• Permukaan epidermis ditutupi dengan campuran keringat dan sebum yang disebut sebagai "hydrolipidic film", zat lemak yang membuat kulit lembab dan membentuk penghalang antibakteri dan antijamur. 
 
Terletak di bawah epidermis, dermis berfungsi sebagai struktur pendukung, dan sangat penting bagi kekuatan dan elastisitas kulit. Di dalam dermis antara lain berisi serat elastin dan kolagen. 
 
Hipodermis adalah lapisan terdalam dari kulit. Terdiri dari sel-sel lemak, adiposit, yang melindungi tubuh kita terhadap variasi suhu dan membentuk pelindung terhadap tekanan.

 

Komentar pada artikel

Envoyer par Email