KULIT BAYI ANDA

Ciri khusus kulit bayi

Kulit bayi memiliki struktur yang sama dengan kulit orang dewasa, hanya saja belum semuanya berfungsi. Rapuh dan belum sepenuhnya berkembang. Setidaknya butuh waktu tiga tahun untuk memperkuat kulit bayi sehingga dapat benar-benar menjalankan perannya sebagai pelindung. Hal ini dapat berkaitan dengan beberapa faktor:
• Pada saat lahir, pH kulit bayi mendekati netral dan pH secara bertahap menurun, menjadi lebih asam saat menuju dewasa. Perbedaan ini menunjukkan bahwa kulit bayi lebih sensitif terhadap infeksi dan iritasi.
 
• Hydrolipidic Film pada bayi lebih tipis dibanding milik orang dewasa. Sehingga kurang efektif untuk melindungi epidermis terhadap kulit yang kering dan dehidrasi. Sehingga dengan begiti kulit bayi jauh lebih rentan terhadap serangan dari lingkungan di sekitarnya.
 
• Lapisan kornea bayi juga lebih rapuh. Corneocytes tidak bergabung bersama dengan baik, yang berarti bahwa lapisan tersebut  lebih dapat ditembus oleh faktor-faktor luar dan infeksi.
 
• Dermis pada bayi tiga kali lebih tipis.
 
• Rentan terhadap berat badan, luas permukaan kulit bayi adalah antara 3-5 kali lebih besar dari pada orang dewasa. Ini berarti bahwa suatu zat yang berhasil menembus kulit menjadi jauh lebih terkonsentrasi dalam tubuh, meningkatkan risiko toksisitas.
 
Penelitian baru yang dilakukan dalam kerangka program studi ilmiah yang dipimpin oleh Mustela telah menghasilkan penemuan besar lain tentang kulit bayi. Ternyata kulit bayi mengandung sel yang lebih kaya dibanding dengan kulit orang dewasa. Saat baru lahir, sel-sel ini justru memiliki kekuatan yang maksimal, namun sayangnya sangat rentan hingga beberapa tahun pertama usia bayi, periode terbentuknya penghalang kulit. Sel yang kaya ini memang rapuh, namun tetap unik sepanjang hidup dan merupakan sumber kehidupan yang berharga untuk kulit bayi. Saat bayi tumbuh dan berkembang, sel itu lah yang akan memulihkan dan menjaga keseimbangan kulit secara keseluruhan. Karena itu, sangat penting untuk melindunginya, yaitu untuk menjaga kualitas kulit bayi Anda, baik hari ini dan untuk masa depan.

 

Komentar pada artikel

Envoyer par Email