Mengajarkan anak mencuci tangan semudah berhitung 1,2,3 !

  Mengajarkan anak mencuci tangan semudah berhitung 1,2,3 !
Kegiatan mencuci tangan anak
Mencuci tangan adalah salah satu langkah penting dalam rutinitas kebersihan anak sehari-hari. Terlebih lagi dengan pandemi yang sedang berlangsung. Perlukah Anda menggunakan sabun batang, sabun cair, hand sanitizer? Berikut beberapa tips praktis dalam membantu keluarga Anda dan membuat mencuci tangan menjadi mudah dan menyenangkan.

MEMILIH PRODUK MENCUCI TANGAN YANG TEPAT

Mengetahui produk mana untuk dipilih tidaklah mudah. Gel berbahan dasar alkohol atau hand cleanser? Bacalah panduan sederhana ini untuk menemukan mana yang cocok untuk Anda!

Sabun

Dalam menghilangkan kotoran dan mencegah penyebaran kuman, tidak ada yang bisa mengalahkan sabun dan air. Anda dapat menggunakan sabun batang, gel pembersih bebas SLS, atau cleanser yang diperkaya-lipid.
Menggosok tangan kita dengan sabun akan menghilangkan partikel kotoran. Untuk tangan Si Kecil, kami menyarankan penggunaan produk pembersih khusus yang melindungi pH kulit mereka, yang secara alami lebih tinggi daripada orang dewasa, dan oleh karena itu membutuhkan produk yang ekstra lembut dan memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Untuk itu, pilihlah sabun bebas SLS yang diperkaya dengan cold cream.

Di rumah, mencuci tangan dengan sabun adalah pilihan terbaik dalam membersihkan tangan seluruh keluarga dan mencegah kulit kering.

Hand sanitizer berbahan dasar alkohol

Ini adalah solusi ideal dalam membersihkan tangan saat Anda tidak memiliki akses menuju air bersih dan sabun. Hand sanitizer mengandung setidaknya 60% alkohol dalam membantu Anda mendisinfeksi tangan dan membunuh kuman. Akan tetapi hand sanitizer tidak dapat membersihkan tangan kotor.
Salah satu kelemahan utama dari sanitizer adalah meningkatkan kemungkinan kulit kering pada anak-anak, ditambah anak kecil perlu dipantau saat menggunakan produk ini agar tidak menelannya.

Hand sanitizer adalah cara terbaik dalam membersihkan tangan ketika Anda bepergian dengan keluarga dan tidak memiliki akses menuju fasilitas cuci tangan yang layak.

Sebuah gambar memiliki makna ribuan kata

SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG MENCUCI TANGAN DENGAN BENAR

Untuk melakukannya dengan benar, ikuti panduan praktis 3 langkah ini :

Mencuci tangan Anda

Gambar ini menunjukkan kegiatan menggosok tangan lengkap dengan sabun yang akan menghilangkan kuman. Agar efektif, gosoklah setidaknya selama 2 hingga 3 menit! Air yang dibutuhkan hanya sedikit, jadi jangan lupa mematikan keran saat Anda menggosok! Sabuni tangan Anda dan gosok dengan seksama : celah di antara jari, ujung jari, punggung tangan, dan di sekitar pergelangan tangan Anda.
Dalam mengajak Si Kecil mencuci tangan dengan benar, melakukannya bersama adalah awal yang baik, lalu jadikanlah pengalaman yang menyenangkan : saling bercanda, berbagi cerita, mendengarkan podcast, atau lagu favorit. Mencuci tangan akan menjadi hal yang menyenangkan bagi anak Anda.

Mengeringkan tangan Anda

Setelah mencuci tangan, jangan lupa mengeringkannya untuk menghilangkan seluruh kuman dan memastikan kulit anak Anda tidak akan kering dan teriritasi karena air yang terperangkap.
Lakukan gerakan pengeringan yang lembut untuk menghindari iritasi kulit, tepuk-tepuk sedikit dengan handuk juga baik untuk tangan si kecil.

Melembapkan

Dehidrasi kulit timbul lebih cepat pada anak kecil dibandingkan orang dewasa karena kulit mereka masih berkembang. Melembapkan tangan kecil mereka adalah langkah penting untuk menghindari iritasi akibat mencuci tangan secara teratur yang dapat mengubah kulit lembut yang indah menjadi kasar bersisik. Idealnya mengoleskan krim tangan segera setelah setiap mencuci tangan adalah yang terbaik! Jika tidak bisa, sekali setiap dua pencucian adalah rutinitas yang tidak kalah baik.

Untuk kulit yang sangat kering hingga rawan atopik, melembabkan setelah setiap pencucian sangat penting untuk menghindari masalah kulit.

 

Berkat panduan ini, Anda sekarang telah siap untuk mencuci tangan secara efisien dengan orang-orang yang Anda cintai dan secara efektif mengurangi risiko penyebaran virus sambil menjaga kulit seluruh orang tetap sehat dan segar.